Outdoor Activities · Travel Journal

5 Pantai yang Menawan di Pangandaran

         Melihat dari letak geografisnya, Pangandaran mempunyai deretan pantai-pantai yang begitu mempesona. Selain dapat diakses dengan mudah, selain itu hanya cukup mengeluarkan biaya yang murah. Maka Tak heran Pangandaran menjadi tempat yang begitu banyak direkomendasikan oleh wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menghabiskan waktu berlibur. Berikut ini adalah rekomendasi wisata-wisata pantai nan cantik di Pangandaran yang dapat kamu kunjungi:

1. Pantai Batu Karas

                 Pantai Batu Karas terletak sekitar 34 km dari pantai Pangandaran. Pantai Batu karas dijuluki sebagai Bali-nya Pangandaran sebab begitu banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Batu Karas ini mulai dari surfing, sun-bathing, atau bisa juga bersantai menyaksikan matahari  yang mempesona ketika senja menjelang. Tak heran banyak wisatawan asing yang datang ke pantai ini. Ciri khas lain yang terdapat di pantai ini terletak pada warna pasirnya yang berwarna hitam keabuan. Di deretan pinggir pantai pun tampak cafe-cafe yang menjamur menawarkan beragam menu.

Surfing di Batu Karas
Surfing di Batu Karas

2. Pantai Batu Hiu

                   Pantai Batu Hiu ini juga memiliki panorama epik yang tak kalah indahnya dengan wisata pantai di Pangandaran yang lainnya. Jarak yang dapat ditempuh sekitar 14 km ke arah selatan dari pantai Pangandaran, tempat wisata Pantai Batu Hiu ini menyuguhkan lanskap pantai yang diklaim sebagai Tanah Lot nya Jawa Barat karena bentuk-bentuk tebing yang hampir mirip. Nama Batu Hiu sendiri diambil karena pada pantai ini terdapat sebuah batu besar yang menjorok dan mencuat ke lautan. Bentuknya menyerupai sirip hiu. Untuk melihat karang ini secara utuh, pengunjung dapat menyaksikannya dari atas bukit di kawasan tersebut. Pantai Batu Hiu begitu teduh sebab begitu banyak pohon pandan laut yang tinggi menjulang menambah kesan eksotis. Di Pantai ini pula kamu dapat menikmati sajian kuliner rujak khas Pangandaran, yakni Rujak Honje.

3. Pantai barat Pangandran

             Dengan kontur Pantai barat yang cukup landai dan letaknya di dekat kawasan Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran pantai ini sering dijadikan destinasi bagi para wisatawan. Pantai yang memiliki bibir pantai yang luas, terlebih ketika air laut surut. Inilah yang menyebabkan Pantai Barat lebih sering dikunjungi untuk berenang maupun bermain pasir. Bila cuaca begitu cerah di Pantai barat Pangandaran ini dapat menampilkan keindahan siluet gunung Ciremai serta semburat sunset yang begitu menawan. Tak jarang terdapat sekelompok rusa yang berkeliaran di pinggir pantainya. Terlebih dengan pemandangan perahu-perahu motor milik nelayan, menambah kesan khas pada pantai ini.

Rusa Pantai Barat Pangandaran
Rusa-rusa yang berkeliaran di kawasan Pantai Barat Pangandaran

Pantai Barat Pangandaran

4. Pantai Pasir Putih

       Salah satu tempat paling populer yang sering dikunjungi di seluruh Pangandaran adalah Pantai Pasir Putih. Letaknya di dalam Kawasan Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran. Sehingga untuk ke lokasi harus ditempuh dengan trekking ataupun menggunakan perahu motor sewaan. Warna pasir pada pantai ini jauh lebih putih dibandingkan dengan Pantai Barat karena pasirnya terdiri dari koral-koral yang hancur sejak ratusan tahun yang lalu. Di hadapan pantai ini terdapat sebuah bangkai kapal yang dikaramkan Bu Susi Pudjiastuti, tentu menambah dramatis pemandangan yang ada di Pantai Pasir Putih ini.

Kapal Viking di Pasir Putih Pangandaran

               Bagi pecinta wisata air, pemandangan bawah lautnya pun tak kalah menarik untuk dinikmati. Kamu dapat snorkeling di kawasan pantai ini dan tak perlu khawatir, karena banyak yang menawarkan penyewaan alat snorkeling di Pantai Pasir Putih. Selain itu kamu dapat menikmati kesegaran minum air kelapa muda di pantai ini. Namun jika berkunjung pada hari libur, pantai ini terbilang cukup ramai.

Baca Juga: Menyibak Pesona Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran

5. Pantai Pangandaran Sunset

                    Pantai ini cukup mudah di jangkau dan letaknya tak jah dari loket masuk Pantai Pangandaran. Di pantai ini begitu luas pemandangan yang dihadirkan. Di sisi timur pantai ini, pemandangan teluk Pangandaran dari kejauhan. Selain itu Pangandaran sunset menawarkan sesuatu yang lain. Terdapat taman-taman kota yang indah dan tertata rapi di pinggir pantainya. Kamu pun dapat melakukan banyak kegiatan di pantai ini. Seperti halnya, susur pinggir pantai, mengendarai ATV, bersepeda, ataupun berjalan-jalan menggunakan kuda sewaan. Beragam fasilitas lengkap hadir di pantai ini. Seperti spot charger yang daya nya menggunakan matahari. Agak sedikit ke barat, kamu dapat menemukan wahana untuk bermain skateboard.

Taman Pangandaran Sunset
Taman Pangandaran Sunset

Pantai Pangandaran Sunset
Berkeliling dengan menaiki kuda di Pantai Pangandaran Sunset

Leave a Reply