Travel Journal

Ramai Riuh Karnaval Seni Budaya Kabupaten Pangandaran

          Minggu pagi (28/10) Sepanjang Jalan raya Taman Pangandaran Sunset Pantai Barat Pangandaran yang tadinya lengang dalam waktu singkat dipadati masyarakat yang berbondong-bondong ingin menyaksikan acara puncak Karnaval Seni Budaya 2018 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Pangandaran. Kegiatan ini merupakan serangkaian acara yang telah dilaksanakan sejak tanggal 25-27 Oktober 2018 dalam menyambut hari jadi Kabupaten Pangandaran ke-6 sebagai kota yang mandiri.

Festival Milangkala Pangandaran ke -6 Tahun 2018
Antusiasme masyarakat Kabupaten Pangandaran

 

          Karnaval Seni Budaya Kab. Pangandaran tampak begitu meriah dengan iring-iringan yang begitu panjang. Peserta Karnaval terdiri dari ratusan peserta yang berasal dari seluruh perangkat pemerintah Kabupaten Pangandaran, Sekolah, kelompok masyarakat, Komunitas, serta elemen masyarakat kabupaten Pangandaran lainya. Kali ini memang peserta lebih banyak ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Acara dimulai pukul 10.00 WIB dari Lapangan Katapang Doyong, Pantai Timur Pangandaran. Rute yang dilalui pun lumayan jauh dari Jalan Bulak Panjang melewati Jalan Pantai Barat Pangandaran untuk selanjutnya tiba di titik akhir yang berpusat di depan Pantai Sunset Pangandaran. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata berserta istri yang menyaksikan dan berpartisipasi dalam semarak karnaval.

Festival Milangkala Pangandaran ke -6 Tahun 2018
Bapak Bupati beserta istri turut berpartisipasi dalam kemeriahan acara Karnaval Budaya Kabupaten Pangandaran 2018

       Penampilan pertama dimeriahkan oleh sekelompok Ibu-Ibu PKK yang melakukan senam dengan iringan lagu “Meraih Bintang”. Ibu-Ibu tersebut sangat bersemangat melakukan gerakan demi gerakan secara kompak. Walaupun menggunakan kebaya lengkap, Istri Bupati Pangandaran, H. Ida Nurlaela pun ikut terjun langsung memeriahkan acara kegiatan dengan melakukan gerakan dengan cekatan bersama kelompok ibu-ibu PKK.

Festival Milangkala Pangandaran ke -6
H. Ida Nurlaela – Ikut bergoyang bersama Kelompok Ibu-Ibu PKK Kabupaten Pangandaran

Festival Milangkala Pangandaran ke -6 Tahun 2018Festival Milangkala Pangandaran ke -6 Tahun 2018

Festival Milangkala Pangandaran ke -6 Tahun 2018
Kelompok Peserta Marching Band merupakan siswa siswi yang bersekolah di Kab. Pangandaran

       Penampilan berikutnya disajikan oleh kelompok sanggar seni yang menampilkan tarian tradisional serta tarian kontemporer. Setelahnya diisi dengan atraksi pawai Marching Band yang dibawakan oleh siswa-siswi sekolah. Tampak kreativitas seni budaya yang lainnya yang juga dipertontonkan seperti kesenian tradisional khas Kab. Pangandaran yakni Badud, kuda lumping, Gondang Buhun dll., Fashion karnaval, dan Kendaraan yang dihias dengan beragam hasil bumi, kuliner maupun ikon Kab. Pangandaran.

“Kami sudah sekitar sebulanan ini untuk mempersiapkan kostum yang akan kami pakai di acara Fashion Karnaval, dan untuk penampilan hari ini kami sudah siap dari jam 6 pagi”, Ujar salah satu peserta yang antusias mengikuti acara kepada Tim Famtrip Pesona Indonesia.

Fashion Karnaval
Kreativitas kostum peserta Fashion Karnaval terbuat dari sampah yang dapat di daur ulang
Festival Milangkala Pangandaran ke -6 Tahun 2018
Koran-koran bekas pun dapat menjadi kostum yang artistik

ashion Karnaval

Hasil Pertanian Kabupaten Pangandaran
Beragam hasil bumi Kabupaten Pangandaran ikut di tampilkan.

      Rangkaian kegiatan yang berlangsung sangat lancar ini dapat menjadi ajang representasi keberhasilan Kabupaten Pangandaran yang baru saja mendapatkan predikat Daerah Otonomi Baru terbaik se-Indonesia dan tentunya merupakan ajang pemerintah dalam mempromosikan destinasi wisata, seni budaya serta industri kreatif Kab. Pangandaran.

 

Kesenian Badud di Festival Milangkala Pangandaran ke -6 Tahun 2018
Penampilan Kesenian Badud dari Desa Margacinta

Festival Milangkala Pangandaran ke -6 Tahun 2018

Festival Milangkala Pangandaran ke -6 Tahun 2018
Beragam pawai mobil hias turut serta dalam acara Karnaval Seni Budaya Pangandaran
Tumpeng hasil bumi di Festival Milangkala Pangandaran ke -6 Tahun 2018 Karnaval Budaya
SELAMAT ULANG TAHUN KE-6 KAB. PANGANDARAN !

3 thoughts on “Ramai Riuh Karnaval Seni Budaya Kabupaten Pangandaran

    1. iya, betul sekali Kang, Terik banget cuacanya. Saya sampai bermandi peluh. Untung bisa keluar dari barisan penonton.
      Dan ternyata peserta lain sudah sabar sekali menunggu giliran tampil, yang mungkin tampilnya masih satu jam kemudian. (mengingat kita keluar dari hotel Karnaval pun acara belum selesai)

Leave a Reply