Outdoor Activities

Tips Cara Mudah Menggunakan Hammock dengan Aman dan Nyaman

                Tempat tidur yang menggantung atau sering disebut dengan hammock mengingatkan saya pada masa dimana alat ini acapkali menjadi alternatif bagi para Ibu untuk menimang-nimang si buah hati sampai tertidur nyenyak. Dalam beberapa tahun terakhir hammock semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan. khususnya para pejalan yang suka melakukan penjelajahan alam karena praktis, mudah dibawa dan memiliki fungsi yang vital karena dapat menggantikan peran tenda saat berkemah di tempat yang tidak terlalu dingin. Mereka biasa menggunakan hammock untuk beristirahat atau bersantai dengan menambatkan ujung hammock pada pohon, tiang-tiang penyangga atau anchor yang kuat.

Sejarah Hammock

Ada beragam versi yang menyebutkan asal mula tempat tidur gantung ini. Di suatu sumber menyebutkan bahwa awalnya Hammock terbuat dari tenunan pohon Hamack. Lama kelamaan berkembang menggunakan bahan kulit yang dirasa lebih nyaman sebab memiliki banyak serat dan lembut. Nama “Hammock” sendiri diambil dari nama pohon yang seratnya diambil untuk dijadikan tempat tidur gantung.

Sedangkan dalam versi lain menyebutkan bahwa kebiasaan Chisthopus Colombus yang biasa tidur menggantung disela-sela petualangannya menjelajahi dunia menjadi tren dikalangan para pelaut Inggris dan Perancis karena dianggap praktis dan memudahkan mereka dalam melakukan ekspedisi laut. Tak disangka tradisi ini menjamur di berbagai negara seperti, Amerika latin dll.

Dalam perkembangannya kini Hammock mempunyai bentuk dan motif beragam yang disesuaikan dengan kebutuhan (outdoor atau indoor) dan kapasitas beban maksimal (ukuran single, Double, King). Bahan pembuatannya didominasi dengan bahan yang terbuat dari kain nylon parasut (nylon parachute) dengan dilengkapi sepasang tali strap webbing. 

menggunakan hammock dengan cara yang benar agar aman dan nyaman

Hammock benar-benar melengkapi para pejalan dalam menikmati keindahan alam. Untuk menggunakan tempat tidur gantung ini diperlukan teknik yang benar agar aman dan nyaman untuk menaikinya.

Cara menaiki hammock dengan benar, aman dan nyaman

  1. Pastikan hammock sudah terpasang dengan benar pada tiang-tiang penyangga, pohon, atau anchor yang kuat. Cek kembali kondisi serta jarak pohon yang digunakan untuk menggantung. Tak lupa mengecek tali strap webbing dan suspensinya, carabiner serta jahitan yang ada pada kain. Hal ini tentunya digunakan untuk menghindari resiko terjatuh dari hammock karena tidak layak digunakan.
  2. Jika sudah terpasang dengan benar kamu bisa mulai menggunakannya dengan membuka atau merentangkan kain hammock menjadi lebar. Lebih bagus direntangkan sejajar pada titik tengahnya.
  3. Jika hammock yang terpasang berada sedikit lebih tinggi dari tubuhmu (misal tingginya <2 meter) kamu dapat memposisikan badan menghadap arah yang berlawanan dengan hammock.
  4. Dengan aba-aba lakukan lompatan kecil ke belakang dengan posisi kedua tangan di hammock siap menopang tubuhmu. Lalu posisikan tubuhmu untuk duduk atau berbaring dengan perlahan di atas hammock. Lebih aman lagi apabila ada salah seorang teman ikut membantu merentangkan kain dan mengawasi mu hingga dapat naik dengan aman di atas hammock.
  5. Jika hammock yang terpasang lebih tinggi (hammock tower) ada baiknya kamu menggunakan peralatan dan bantuan tim khusus yang berkompeten guna mengurangi resiko kecelakaan.
  6. Menentukan posisi berbaring atau tidur yang benar adalah dengan merubah posisi badan secara diagonal dari posisi letak hammock. Usahakan badan tidak dalam posisi membungkuk tapi dalam posisi hampir lurus 30°. Hal ini tentu akan mengurangi kejadian kesakitan di bagian leher, kepala dan punggung akibat cara yang salah ketika tidur menggunakan hammock.

Demikian tips tentang cara menaiki hammock dengan benar. Semoga aktivitas menggantung di hammock menjadi aman, nyaman dan tentunya menyenangkan !

Let’s hanging and See you in next tree   

Leave a Reply