Outdoor Activities

Tips Peralatan yang Dibawa agar Tidur Lebih Nyenyak di Ketinggian

Bertualang di alam bebas — seperti mendaki gunung– seringkali memakan waktu perjalanan sehari semalam atau bahkan lebih lama. Sebelum berpergian kita kadang lupa untuk sekedar mengecek kembali peralatan-peralatan yang akan dibawa. Misalnya mengecek kembali peralatan yang digunakan untuk istirahat atau tidur di ketinggian. Padahal perlengkapan tersebut dapat menunjang kualitas tidur setelah lelah seharian beraktivitas menyusuri jalur pendakian yang acap kali menyuguhkan medan nan terjal, menurun, berbatu atau saking panjangnya. Hal tersebut bukanlah perkara yang mudah dilakukan sembari memikul tas keril dengan beban berat dalam waktu lama. Melakukan pendakian akan menyebabkan rasa pegal menjalar disekitar pundak, punggung dan kaki. Maka dengan istirahat yang baik dan cukup hal tersebut dapat teratasi.

Semakin baik kualitas istirahat / tidur seseorang maka akan memberikan dampak positif pada saat ia terbangun di pagi hari misalnya: mood atau suasana hati yang senang saat berpetualang, meningkatnya daya tahan tubuh, tingkat konsentrasi yang baik, kewaspadaan yang meningkat dll.  Badan pun akan kembali terasa segar untuk melakukan aktivitas atau pendakian selanjutnya. Nah, beberapa tips singkat mengenai peralatan yang dapat dibawa untuk menunjang kualitas tidur/istirahat disaat melakukan pendakian. Tentu hal ini berdasarkan pengalaman saya disaat mendaki gunung.

1. Jangan lupa bawa sleeping bag / kantong tidur

Sleeping bag termasuk barang wajib yang perlu dibawa saat melakukan pendakian. Kegunaan sleeping bag sangat penting untuk membantu menjaga suhu tubuh agar tetap hangat disaat tidur. Sebaiknya pilih yang dalamnya berbahan polar atau bulu angsa. Sleeping bag berbahan bulu angsa memiliki bobot lebih ringan dari sleepingbag lainnya dan bisa digunakan di suhu yang ekstrim. Sleeping bag yang bagus akan berbanding lurus dengan harganya. Semakin bagus kualitasnya semakin mahal pula. Dengan sleeping bag yang hangat bisa dipastikan tidur menjadi lebih nyaman dan nyenyak seperti tidur di suhu ruang.

2. Membawa alas tidur / Sleeping pad

Alas tidur berungsi untuk mengantisipasi hawa dingin permukaan tanah langsung mengenai badan. Alas tidur yg biasanya memakai matras karet bisa disiasati dengan matras alumunium foil untuk mengurangi berat atau volume keril ketika berkemas. Nah, matras jenis ini sudah cukup baik mengisolasi hawa dingin hanya saja bentuknya yang tidak terlalu tebal, kerap membuat badan menjadi tambah sakit dikarenakan menindih batu, kerikil kecil atau akar pohon di daerah tempat tidur kita. Menggunakan matras seperti itu sudah dipastikan tidak empuk seperti menggunakan sleeping pad yang bentuknya ringkas. Sleeping pad  bentuknya mirip seperti kasur angin namun dapat dilipat kecil sehingga mudah dibawa. Dengan menggunakan sleeping pad permukaan tanah yang tidak rata tak akan terasa mengganggu tidurmu, sebaliknya tidurmu akan terasa bagai tidur di atas kasur yang ada di rumah. Apalagi menggunakan sleeping pad yang mempunyai teknologi insulasi yg lebih canggih tubuh tidak akan menggigil kedinginan lagi disaat tidur.

3. Mengganti atau memakai pakaian yang kering dan hangat

Memakai pakaian kering dan hangat akan membuat tidurmu nyaman. Disarankan pakaian yang dibawa tersebut memiliki bahan polar. Bila dirasa masih kurang hangat kamu bisa melapisinya lagi dengan jaket (windproof/ waterproof/ buluangsa), melapisi celana panjang dengan legging (bukan legging berbahan kaos), menggunakan kaos kaki, sarung tangan ataupun kupluk. Terkadang saya memakai kain tenun kecil untuk syal atau buff untuk menutup bagian telinga agar dinginnya berkurang.

4. Membawa bantal tiup

Kamu dapat menyelipkan bantal tiup kedalam tas saat berkemas. Bantal tiup berfungsi untuk merebahkan kepala agar lebih rileks dan menghindari timbulnya rasa sakit dibagian leher karena posisi tidur yang kurang nyaman. Sekarang banyak tersedia bantal tiup dengan bentuk yang ringkas dan ringan.

Tanpa peralatan tidur yang mumpuni secara otomatis kualitas tidur saat di ketinggian juga akan berkurang. Dengan kualitas tidur yang kurang secara alamiah pemulihan / recovery tenaga pada tubuh kita saat istirahat tidak akan maksimal. Dengan peralatan tidur yang nyaman kita akan tidur lebih baik, lebih nyenyak dan tidak sering terbangun karena merasakan hawa dingin. Jadi jangan sepelekan peralatan tidur kamu ! Karena tubuh juga butuh bahagia.

14334338_183281635415469_2040862351_n1

2 thoughts on “Tips Peralatan yang Dibawa agar Tidur Lebih Nyenyak di Ketinggian

Leave a Reply